CONTOH SOAL SIMULASI DIGITAL DAN
JAWABANNYA
A.Pilihan Ganda
1. Apa yang dimaksud dengan Komunikasi ?
a. Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b. Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c. Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d. Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet
2. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a. Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b. Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c. Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d. a dan c benar
3. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a. Modulator Demodulator
b. Modulator Demulator
c. Modulator Demudolator
d. Modelator Demoulator
4. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b. Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
5. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a. Penyebaran Virus di beberapa Website
b. Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c. Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d. a dan b Benar
6. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a. Kabel LAN RJ45
b. Kabel Fiber Optik
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Wi-Fi
7. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a. Mozaic, IE, Flock
b. Mozilla Firefox, IE, GIMP
c. Google Chrome, IE, GIMP
d. Flock, Google Chrome, GIMP
8. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a. Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b. Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c. Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d. a dan b Benar
9. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a. Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b. Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c. Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d. a dan c Benar
10. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a. Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim
b. Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya
c. Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik
d. Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet
11. Platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari …
a. Edmodo
b. Facebook
c. Google +
d. Twitter
e. Skype
12. Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.
a. User name dan password
b. Nama dan alamat
c. E-mail dan Username
d. Alamat dan tanggal lahir
e. Komentar dan user name
13. Tahun berapa Edmodo dikembangkan….
a. Akhir tahun 2000
b. Pertengahan 2001
c. Awal tahun 2007
d. Awal tahun 2008
e. Akhir tahun 2008
14. Di bawah ini kelebihan Edmodo, kecuali….
a. User interface
b. Sosial media
c. Compatibility
d. Aplikasi
e. Sharing data
15. Edmodo dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi….
a. Bersemangat
b. Santai
c. Malas
d. Kurang bersemangat
e. Semua benar
16. Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan….
a. 5 digit
b. 6 digit
c. 7 digit
d. 8 digit
e. 9 digit
17. Untuk mendaftar Edmodo sebagai guru kita harus mengklik….
a. I’m teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m professor
18. Untuk mendaftar edmodo sebagai siswa kita harus mengklik….
a. I’m teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m professor
19. Di bawah ini fitur-fitur yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….
a. Ganti foto profile
b. Tampilan seperti facebook
c. Membuat event atau jadwal kegiatan penting
d. Interaksi guru dengan murid secara mudah
e. Tidak bisa diakses oleh HP
20. Di bawah ini adalah fitur edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru, kecuali….
a. Quiz
b. Polling
c. Game
d. Library
e. Assignment
21. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi untuk….
a. Memudahkan para guru dan murid saling berinteraksi
b. Mempermudah berbagi pengalaman
c. Mempersulit untuk berinteraksi
d. Membuat status
e. Membuat quiz
22. Tombol “I’m techer” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
23. Tombol “I’m student” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
24. Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
25. Tombol “School & District” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
26. Di bawah ini fitur yang disediakan oleh Edmodo untuk mendaftar, kecuali…
a. I’m a teacher
b. I’m a student
c. I’m crazy
d. I’m a parent
e. School & District
27. Siapa pembuat/pendiri Edmodo…
a. Nicolas Borg dan James
b. Albert dan Jeff O’Hara
c. Nicolas Borg dan Jeff O’Hara
d. Cristian dan Michael
e. Erick dan Robert
28. Di bawah ini tools yang ada di Edmodo, kecuali…
a. Follow
b. Home
c. Backpack
d. Notification
e. Account
29. Di bawah ini yang terdapat di dalam Account, kecuali…
a. Profile
b. Settings
c. Sign in
d. Help
e. Log out
30. Dengan mengklik apa jika kita ingin membuat grup atau masuk ke suatu grup di dalam Edmodo, adalah….
a. Join or create
b. Join or clear
c. Join or back
d. Create or clear
e. Create or exit
31. Jejaring social yang diluncurkan oleh Google Inc, adalah…
a. Facebook
b. Google +
c. Twitter
d. Edmodo
e. Skype
32. Google + diluncurkan pada tanggal…
a. 28 Maret 2011
b. 28 April 2011
c. 28 Mei 2011
d. 28 Juni 2011
e. 28 Juli 2011
33. Di bawah ini layanan yang terdapat di dalam Google +, kecuali…
a. Circle
b. Hangouts
c. Sparks
d. Huddles (Messenger)
e. Call
34. Apa fungsi dari layanan circle…
a. Untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi
b. Untuk melingkari buku
c. Untuk melingkari sepeda
d. Untuk melingkari bola
e. Untuk melingkari HP
35. Apa fungsi Hangouts….
a. Jalan jalan ke luar negeri
b. Bermain game
c. Komentar
d. Menghidupkan percakapan dengan sesame pengguna Google+
e. Membalas komentar
36. Apa yang dimaksud dengan Sparks….
a. Sebuah front-end untuk Google Search
b. Untuk mengirim pesan
c. Untuk mengirim email
d. Untuk mengirim file
e. Untuk berkomentar
37. Apa yang dimaksud dengan Huddles…
a. Member komentar
b. Membuat status
c. Untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles
d. Sharing file
e. Mengirim file
38. Apa yang dimaksud dengan Instant Upload…
a. Untuk mengirim pesan
b. Untuk mengirim email
c. Untuk mengirim file
d. Untuk berkomentar
e. Untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi
39.Di bawah ini fungsi Google +, kecuali…
a. Memperbaiki SEO sebuah blog/website
b. Membingungkan pengguna
c. Meningkatkan minat pengunjung blog dengan Rich Snippet
d. Membantu meningkatkan SERP
e. Meningkatkan kredibilitas
40. Di bawah ini keunggulan Google +, kecuali…
a. Dapat menambahkan teman tanpa batas
b. Up date status sampai puas
c. Membuat grup yang tak terbatas
d. Telephone gratis
e. Akses lebih berat
B. ESSAY :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Komunikasi Dalam Jaringan , berikan contohnya!
2. Tuliskan 2 perbedaan antara Komunikasi Konvensional dengan Komunikasi Dalam Jaringan!
3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi dalam jaringan , berikan contohnya masing-masing minimal 1 (satu)!
4. Tuliskan tujuan atau kegunaan komunikasi dalam jaringan!
5. Tuliskan tahap-tahap pembuatan sebuah e-mail melalui webmail (layanan) gratis!
JAWABAN
1. komunikasi dalam jaringan adalah proses penyampaian pikiran
atau gagasan dari seseorang ke orang lain yang dilakukan melalui
dunia maya . contahnya : facebook , twitter , yahoo , dll .
2. perbedaannya :
konvensional
-tidak menggunakan jaringan internet .
-tidak membutuhkan biaya
komunikasi daring
-memerlukan jaringan internet
-butuh biaya banyak
3. jenis komunikasi dalam jaringan ada 2 yaitu:
-sinkron artinya = langsung , contohnya : chatting
-asinkron artinya = tidak langsung , contohnya : e-mail
4. tujuannya yaitu :
-kendali
-sebagai informasi
-motifasi
-sebagai tempat emosional
5. caranya :
A. bukalah perambah internet (browser ) anda lalu klik bagian
addres bar ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol enter .
B. kemudian setelah halaman gmail .com terbuka , klik tombol “buat
akun”
C .isilah semua kolom isian dengan biodata diri anda .
D .setelah berhasil klik tombol “langkah berikutnya”
E .untuk menambahkan foto profil pada akun gmail yang telah anda
buat , klik tombol “tanda foto profil”. maka halaman tersebut akn
di tampilkan
F .klik tombol “pilih foto dari komputer pengguna”
G .setelah gambar di tampilkan klik tombol “tetapkan sebagai foto
profil”
H .klik tombol “langkah berikutnya ”
I.gmail anda sebagai pengguna siap untuk di gunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar