Senin, 11 Januari 2016

materi pembelajaran simulasi digital

Materi Pelajaran Simulasi Digital SMK Kelas X:

Materi Pelajaran Simulasi Digital SMK Kelas X:
Semester 1: - Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online) - Penerapan Komunikasi Daring - Kelas Maya - Pembelajaran Melalui Kelas Maya - Presentasi Video
Semester 2: - Presentasi Video Untuk Branding dan Marketting - Simulasi Visual - Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Praproduksi - Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi - Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Pascaproduksi - Buku Digital - Format Buku Digital - Publikasi Buku Digital
 hai gaes... !!! Kali ini saya cuma akan bahas pada materi Semester 1.  silahkan di baca ya ;-)

Pengertian Tentang Komunikasi Daring, Fungsi dan Jenisnya

Inilah informasi yang lengkap mengenai definisi atau pengertian Komunikasi Daring disertai dengan ulasan atau pembahasan fungsi dan jenisnya yang ada beberapa macam. Dari pengertian komunikasi daring atau biasa yang di kenal dengan komunikasi data dalam jaringan akan membuat Anda memahaminya dengan baik, sehingga semua itu menjadi dasar untuk belajar kepada tahapan yang selanjutnya. Memang, ada banyak pengertian tentang komunikasi daring menurut pakar komunikasi. Dan tidak jarang dijumpai perbedaan yang sering membuat kita sedikit “bingung”. Oleh sebab itu, kita jangan terjebak dengan perbedaan yang terjadi, lebih baik kita ambil saja benang merah dari perbedaan tentang pengertian dan definisi atau arti dari komunikasi daring. Baiklah, berikut adalah ulasan sesuai judul artikel diatas. Sebelumnya, informasi ini di dapatkan dari tulisan seorang guru yang bernama Cahyokrisma, kini ia mengajar di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Jika Anda masih mengalami kekurang jelasan dalam informasi yang ada, maka Anda bisa mengunjungi laman blognya, disini
Oke, kembali ke laptop :).
Kita mulai dari Definisi atau Pengertian Komunikasi.
Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.Jika anda berbicara sedangkan mita icara anda tidak mengerti, atau sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
Data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah : Sebagai informasi Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif Sebagai kendali Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan. Sebagai motivasi Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar Pengungkap emosional Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial Komunikasi data seperti halnya orang yang saling berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media dan penerima. Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa 1. Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan. 2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan. 3. Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan. 4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.
Perbedaan antara komunikasi antara orang dan komunikasi data adalah adanya komponen tambahan, yang dinamakan dengan protocol. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

PENGERTIAN /DEFINISI KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/ menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace. Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.

JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi dalam jaringan sinkron Komunikasi dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll). Komunikasi dalam jaringan asinkron Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll). Komunikasi online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer secara sinkron.

TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan. 2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh. 3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi 4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.

KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat keras Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet
Software Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
Brainware Brainware adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
PENERAPAN KOMUNIKASI DARING Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti WEB, CHATTING (mIR chat, yahoo masanger, Gtalk, dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.
   Penggunaan jenis sarana komunikasi akan
mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.
Terdapat 2 jenis komunikasi daring :

1. KOMUNIKASI DARING SINKRON
(Serempak) adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron :
a. TEXT CHAT : sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring (yang sama-sama sedang menggunakan internet). Komunikasi text dapat mengirim pesan dengan text kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chating.
b. VIDEO CHAT : merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video chating biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).

2. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak) adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah E- MAIL,FORUM,REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

A. PELAKSANAAN KOMUNIKASI DARING

1. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)
adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Contohnya menggunakan email. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya.
E-mail singkatan dari Electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, email adalah cara pengiriman data, fail text, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan internet. Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa
a. e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
b. e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
c. sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi internet Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar
a. E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Contoh e-mail gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dll.
b. E-mail berbayar adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan.Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan e- mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh Yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain : tambahan kapasitas e- mail, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya.
Gmail adalah salah satu penyedia layanan  email tidak berbayar.Gmail adalah layanan yang disediakan oleh Google. Berikut beberapa fasilitas yang dimiliki Gmail.
a. Memiliki kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus menerus kapasitas penampungan tersebut selalu bertambah.
b. Memiliki fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian e-mail tertentu dalam penampungan e-mail anda.
c. Mendapat layanan POP dan Forwarding POP (Post Office Protocol), ialah layanan untuk mengunduh e-mail dari Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat anda baca secara luring (offline).
d. Mendapat akses aplikasi Google lainnya, antara lain : 1. Google Drive : Aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuka lampiran dokumen secara langsung tanpa mengunduh terlebih dahulu
     2. Google Talk : Memungkinkan
semua pengguna Gmail untuk berkomunikasi secara sinkron. 3. Google Calender : Memungkinkan anda untuk mengagendakan berbagai kegiatan.

DEFINISI KELAS MAYA , MANFAAT KELAS MAYA , JENIS KELAS MAYA , DAN FITUR KELAS MAYA  
PENGERTIAN.
Kelas maya atau yang biasa disebut virtual class merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar mengajar konvensional menjadi bentuk digital.
Proses pembelajaran kelas maya dapat berjalan apabila didukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai alat dukung. Peran guru dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang real.
Sementara itu, peran siswa sendiri dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi ini memungkinkan siswa menjadi partisipan aktif. menghasilkan dan berbagi ( sharing) pengetahuan/ keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya, belajar secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa lain.

FITUR KELAS MAYA.

1. Konten yang relevan dengan tujuan belajar.
2. Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar siswa.
3. Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan metode belajar.
4. Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).
5. Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.

JENIS KELAS MAYA

Learning Management System (LMS) merupakan salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk pembelajaran daring (online), ruang kelas virtual, dan program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor. LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting (edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan menggunakan kembali unit kecil dari konten pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut sebagai objek pembelajarandapat mencakup file media yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi, teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS antara lain: Claroline,e-doceo solutions. jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar.
Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak menimbulkan dampak apa-apa. Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di Indonesia merupakan hal yang baru. Hal yang suka atau tidak suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan bahwa penggunaan komputer atau laptop masih jauh dari merata di tanah air kita.

MANFAAT KELAS MAYA
-Di dalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar. Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di dalam kehidupan seharian mereka.
-Selain dari itu, mode pelaksanaan kelas maya ini memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapat di dalam forum yang telah disediakan. Melalui forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi sesuatu topik yang dibincangkan. Melalui kaedah ini, pembelajaran, pemikiran kritis dan kreatif boleh berlaku dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga seseorang pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk memenuhi keperluan ingin tahunya dan membina pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan pelajar sebagai seorang yang berdikari dan peka terhadap pembelajaran yang dialaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar